Minggu, 12 Oktober 2014

Manajemen , Kepemimpinan , Perencanaan

Nama : Priyanti Ristrawandani
Npm : 15512721
Kelas : 3PA02




I. Manajemen

- Apa itu manajemen
- Sebutkan jenis manajemen
- Apa itu Psikologi manajemen
- Tujuan Psikologi manajemen

II. Kepempimpinan

- Apa itu kepempimpinan
- Teori kepempimpinan

II. Perencanaan

- Pengertian perencanaan
- Manfaat perencanaan
- Jenis perencanaan dalam organisasi


Tahukah kalian apa saja itu manajemen , kepempimpinan & perencanaan? Disini saya akan sedikit membahas tentang ketiga itu..





MANAJEMEN

Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seseorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi, Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan ,pengorganisasian , pengkoordinasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai seusai dengan perencanaan,sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar , terorganisir dan sesuai dengan jadwal. Manajemen belum memiliki definis yang mapan dan diterima secara universal.
Jenis-Jenis Manajemen :
1. Manajemen Produksi 
Fungsi manajemen produksi yaitu untuk mengatur agar perusahaan dapat menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang dan jasa , bertanggung jawab terhadap perencanaan produksi dan distribusi sebuah organisasi perusahaan.

2. Manajemen Pemasaran
Suatu rencana kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan analisi situasi dan tujuan yang telah ditetapkan untuk menetapkan produk yang disukai pasar , harga , promosi dan penempatan jalur distribusi.

3. Manajemen Keuangan
Menggunakan  dana secara efisien dan efektif.

4. Manajemen Personalia
Memfokuskan perhatian terhadap produksi tenaga kerja dalam organisasi.

5. Manajemen Administrasi 
Memberikan informasi layanan dalam administrasi.

Dan apa yang dimaksud psikologi manajemen ? Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur/memanage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.



KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan adalah merupakan ilmu terapan dari ilmu-ilmu sosial , sebab prinsip-prinsip dan rumusannya diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan manusia.
(Moejiono, 2002). Ada banyak pengertian yang dikemukakan oleh pakar menurut sudut pandang masing-masing, definisi-definisi tersebut menunjukan adanya beberapa kesamaan.
Menurut Tead; Terry; Hoyt (dalam Kartono, 2003) Pengertian kepemimpinan yaitu kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.
Menurut Young (dalam Kartono, 2003) Pengertian Kepemimpinan yaitu bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu yang berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya dan memiliki keahlian khusu yang tepat bagi situasi yang khusus.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa epemimpinan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain , bawahan atau kelompok , kemampuan mengarahkan tingkah laku bawahan , memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya.

Teori dalam kepemimpinan antara lain :
1. Teori Genetie
"Leaders are born and not made" Takdir telah menetapkan menjadi pemimpin.

2. Teori Sosial
"Leaders are made and not born" Setiap orang akan dapat menjadi pemimpin apabila diberi pendidikan dan kesempatan untuk itu.

3. Teori Ekologis
Seseorang hanya dapat menajdi pemimpin yang baik apabila pada waktu lahirnya telah memilik bakat kepemimpinan.

PERENCANAAN
Dalam ilmu manajemen menjelaskan bahwa salah satu fungsi pokok manajamen adalah perencanaan , dimana ilmu manajemen menjelaskan bahwa fungsi pokok manajemen terdiri dari perencanaan , koordinasi , pelaksanaan , pengawasan dan evaluasi. Perencanaan merupakan salah satu fungsi pokok manajemen yang pertama harus dijalankan. Sebab tahap awal dalam melakukan aktivitas perusahaan sehubungan dengan pencapaian tujuan organisasi perusahaan adalah dengan membuat perencanaan.

Manfaat dari perencanaan :
1.Dengan adanya perencanaan maka pelaksanaan kegiatan dapat efektif dan efisien.
2.Dapat mengatakan bahwa tujuan yang telah ditetapkan tersebut , dapat dicapai dan dapat dilakukan koreksi atas penyimpangan yang timbul seawal mungkin.
3.Dapat mengidentifikasi hambatan-hambatan yang timbul dengan mengatasi hambatan dan ancaman
4.Dapat menghindari adanya kegiatan pertumbuhan dan perubahan yang tidak terarah dan terkontrol.

Jenis-jenis perencanaan dalam organisasi :
A. Bidang fungsional , misalnya rencana produksi , pemasaran , keuangan dan personalia.
B. Tingkatan organisasi , misalnya rencana untuk perusahaan , unit bisnis dan fungsional.
C. Karakteristik , misalnya rencana kualitatif vs kuantitatif
D. Jangka waktu , misalnya rencana jangka pendek , menengah dan jangka panjang.



Sumber :
http://wikipedia.org/wiki/Manajemen
http://www.kajianpustaka.com/2012/10/pengertian-dan-fungsi-perencanaan.html
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032-RAHAYU_GININTASASI/kepemimpinan.pdf
http://assharrefdino.blogspot.com/2013/11/jenis-jenis-manajemen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar