Minggu, 18 Januari 2015

Pelatihan dan Pengembangan

Pelatihan dan Pengembangan

a. Definisi pelatihan
Pelatihan adalah merupakan proses pembelajaran yang melibatkan perolehan keahlian, konsep, peraturan, sikap untuk meningkatkan kinerja tenaga kerja. (Simamora:2006:273)

b. Tujuan dan sasaran pelatihan dan pengembangan

  1. Untuk meningkatkan keterampilan pada karyawan
  2. Untuk meningkatkan produktivitas kerja organisasi
  3. Untuk membantu masalah operasional
  4. Meningkatkan kemampuan mengerjakan tugasnya
  5. Kemampuan menjaga sikap empati dan melihat sesuatu
tujuan dari pengembangan :
  1. Mewujudkan hubungan yang serasi antara atasan dan bawahan
  2. Untuk membantu mengisi lowongan jabatan tertentu
  3. Meningkatkan semangat kerja
  4. Meningkatkan kepuasan kerja
  5. Mengembangkan atau merubah sikap,sehingga menimbulkan kemauan kerja sama dengan sesama karyawan dan manajemen (pimpinan)
c. Faktor psikologi dalam penelitian dan pengembangan
Faktor psikologi sangat berperan penting dalam pelatihan dan pengembangan. salah satu hasil riset yang dilakukan terhadap para manager HRD menunjukkan bahwa lebih dari 50% responden menyebutkan PIO memberikan peran penting pada area seperti seleksi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan.
          Faktor psikologi : 
  • Penilaian kebutuhan pelatihan semua karyawan dalam suatu klasifikasi pekerjaan tanpa memerhatikan data
  • Penilaian kebutuhan pelatihan yang didasarkan pada hasil pengamatan terhadap berbagai permasalahan,wawancara, daftar pertanyaan, dan evaluasi
  • Pelatihan tidak berkaitan dengan ketidaksesuaian kinerja, tetapi lebih berkaitan dengan sumberdaya rmanusia untuk waktu yang akan datang
d. Teknik dan metode pelatihan dan pengembangan
Program pelatihan dan pengembang dirancang untuk meningkatkan prestasi kerja, mengurangi absensi dan perputaran. Ada dua kategori program pelatihan dan pengembangan.
1. Metode praktis (on the job training)
Karyawan dilatih tentang pekerjaan baru dengan sepersive langsung seorang pelatih yang berpengalaman.
2.Teknik-teknik presentasi informasi
Karyawan peserta latihan menerima repesentasi tiruan suatu aspek organisasi dan diminta untuk menanggapinya seperti dalam keadaan sebenernya.

Metode-metode yang digunakan adalah :
  1. Metode studi kasus
  2. Kuliah
  3. Studi sendiri
  4. Program computer
  5. Komperensi
  6. Presentasi


Sumber : http://eprints.binadarma.ac.id/1592/1/PSIKOLOGI%20INDUSTRI%20MATERI%202.pdf
http://rinintaanggita.blogspot.com/2013/10/pelatihan-dan-pengembangan-tugas-sdm.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar